Arti Barcode dalam Bahasa Gaul, Ungkapan Kesedihan?

Arti Barcode - dalam bahasa gaul? Kata barcode dalam bahasa gaul bukan memiliki arti serangkaian kode yang umum diketahui. Barcode disebut sebagai ungkapan kesedihan. Simak penjelasan Arti Barcode di artikel ini.

Arti Barcode dalam Bahasa Gaul

Tak dipungkiri saat ini banyak sekali bahasa gaul yang muncul dan digunakan di media sosial. Bahasa gaul yang berseliweran itu bermacam-macam, mulai dari kata, singkatan dari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, hingga bahasa daerah.

Berita bahasa gaul yang bermunculan itu juga memiliki konotasi yang lucu untuk hiburan, bahagia, kesedihan, hingga negatif mengacu kepada hal sensitif.

Banyaknya bahasa gaul yang bermunculan membuat sebagian besar orang bingung dan tak paham, apa maksud dari arti kata gaul tersebut.

Salah satu bahasa gaul yang kini tengah ramai berseliweran di media sosial adalah barcode. Saat mendengar kata barcode, mungkin sebagain orang akan langsung merujuk kepada serangkaian kode yang banyak ditemui pada ponsel hingga produk.

Tidak salah, memang secara umum barcode memiliki arti serangkaian kode berbentuk kumpulan batang berwarna hitam berderet, di mana menyimpan data tertentu.

Akan tetapi, arti barcode dalam bahasa gaul jauh berbeda. Kata barcode digunakan untuk mengungkapkan kesedihan. Untuk memahami lebih jelas arti kata barcode, simak penjelasan dari pemilik.di bawah ini.

Definisi Arti Kata Barcode dalam Bahasa Gaul Media Sosial

Kata barcode ini tengah ramai digunakan oleh pengguna media sosial, terutama Twitter dan TikTok. Bila ditelusuri di media sosial, arti barcode merujuk kepada sebuah kode atas kondisi kondisi mental yang sedang tidak baik.

Kata barcode digunakan untuk mengungkapkan aktivitas self harm atau menyakit diri sendiri, yang dilakukan oleh seseroang.

Untuk diketahui, self harm merupakan tindakan seseorang yang menyakiti dirinya sendiri dan dilakukan secara sengaja.

Bagaimana kata barcode bisa berkaitan dengan aktivitas self harm? Dikutip dari Into the Light Indonesia, organisasi pemerhati masalah kesehatan mental.

Self harm dapat terjadi karena adanya tekanan yang menyakitkan atau hebat. Namun orang tersebut tidak bisa mengekspresikan perasaan tersebut dengan cara lain.

Dalam tindakan self harm, ada beberapa tindakan yang umum dilakukan, salah satunya yakni dengan menyayat tubuh menggunakan benda tajam seperti cutter, silet, hingga pisau.

Hasil sayatan dari self harm itulah yang kemudian disebut dengan istilah barcode. Sayatan itu disebut dengan istilah barcode.

Hasil sayatan yang berderet di tubuh, biasanya di tangan diasosiasikan seperti batang yang ada di barcode.

Salah satu contoh penggunaan Arti Barcode dalam dilihat dari unggahan akun base di Twitter @tanyarlfes di bawah ini.

Pada postingan di atas, terdapat tangkapan layar berisi percakapan sepasang kekasih yang bertengkar. Dalam percakapan itu terdapat kata barcode.

Selain contoh di atas, masih banyak dijumpai pengguna yang menggunakan kata barcode di situasi sedih.

Jika kamu memiliki orang terdekat yang melakukan barcode, kamu bisa menenangkan dengan cara menanyakan perasaan apa yang ia rasakan.

Dan kamu bisa menyarankan temanmu untuk ke psikiater/psikolog untuk bisa mengatasi permasalahannya.

Kumpulan Bahasa Gaul Yang Viral Lainnya Di TikTok dan WA

Arti Kata Unhinged

Berdasarkan Kamus Merriam-Webster, unghinged memiliki arti yang merujuk kepada sebuah kata sifat yang bermakna sangat terganggu, mental tidak stabil, dan gila.

Sikap unhinged ditandai melalui perkembangan mental yang tertekan dan tak seimbang, lantaran ada hal-hal yang mengganggu di pikiran orang tersebut.

Kata unghinged ini sebenarnya lumayan jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang yang menggunakana bahasa Inggris, biasanya lebih banyak menggunakan bahasa utamanya yakni insane, crazy, psycho, nuts, whacky, maniac, bonkers, atau lunatic.

Kata ini pernah digunakan di sebuah film yang dirilis pada tahun 2020. Film itu menceritakan tentang seorang pria yang berubah menjadi gila, karena mentalnya terganggu usai beradu argumen dengan seorang wanita.

Arti IDC

Kata IDC merupakan singkatan bahasa Inggris dari ‘I Don’t Care’. Kata ini kerap muncul di media sosial. Kalangan anak muda menggunakan singkatan ini dalam berkomunikasi dengan teman, berkeluh kesah, atau menanggapi sesuatu hal.

Berdasarkan Urban Dictionary, IDC memiliki arti aku tidak peduli. Kata tersebut merujuk kepada seseorang yang tak peduli, tak ingin tahu, atau tak masalah dengan sesuatu.

Untuk lebih memahami arti IDC, pemilik.id akan memberikan contoh penggunaan kata IDC dalam sebuah percakapan sehari-hari.

Contoh percakapan menggunakan kata IDC:

1. Ayu: Eh katanya besok bakal ada acara sekolah dan kita harus ikut.

Ani: Ah idc. Gua males ikut.

Arti Flexing

Kata Flexing berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti pamer. Flexing kerap digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang kerap memamerkan kekayaannya kepada orang lain, terutama di media sosial.

Arti Picky

Picky juga berasal dari kosa kata Bahasa Inggris yang memiliki makna pemilih. Orang yang picky cenderung selektif dalam memilih sesuatu atau mengambil keputusan.

Arti Crush

Crush dalam bahasa gaul memiliki arti gebetan atau pacar. Meski secara umum, crush memiliki arti menghancurkan. Akan tetapi, kata ini sudah lama dipakai sebagai bahasa slang dalam bahasa Inggris, untuk menyebut seseorang yang dekat atau disukai.

Arti Healing

Kata healing memiliki arti menyembuhkan. Healing dikaitkan dengan self healing yang berarti proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin yang dirasakan.

Istilah ini merujuk kepada orang-orang yang mengalami kesedihan, yakni kelelahan emosional, kegagalan dalam suatu hal, sesuatu yang tidak diinginkan, atau kehilangan orang tersayang.

Perasaan itu menimbulkan trauma yang mendalam hingga mampu mengganggu kesehatan mental.

Demikian Arti Barcode dalam Bahasa Gaul Viral di Media Sosial TikTok dan WhatsApp Yang Bearti Sebuah Ungkapan Kesedihan. Semoga membantu ya.

LihatTutupKomentar