Arti Wibu Adalah: Simak Ciri-Ciri dan Perbedaannya Di TikTok

Arti Wibu Adalah: Simak Ciri-Ciri dan Perbedaannya Di TikTok
Arti Wibu Adalah: Simak Ciri-Ciri dan Perbedaannya Di TikTok

Arti Wibu – Apa arti wibu? Berita bahasa gaul Wibu menjadi istilah viral bagi para pecinta budaya Jepang. Simak ciri-ciri anak wibu di artikel ini.

Istilah wibu ini nampaknya sudah sangat familiar terdengar oleh warganet. Pasalnya, kata tersebut kerap kali digunakan di berbagai media sosial, baik di postingan atau kolom komentar.

Kata wibu ini viral di kalangan warganet di Twitter, TikTok, hingga Instagram. Meski bukan istilah baru dan sudah familiar, ternyata masih ada warganet yang tidak mengetahui apa arti wibu.

Hal yang wajar jika masih ada warganet yang tidak tahu dengan istilah-istilah viral yang berseliweran di media sosial. Pasalnya, istilah viral ini terus bermunculan setiap waktu.

Namun tidak ada salahnya kamu mengetahui istilah-istilah kata atau bahasa gaul yang viral di media sosial. Hal tersebut agar tidak membuatmu bingung atau gagal paham dengan postingan atau kolom komentar di media sosial.

Selain itu, agar ke depannya kamu tidak salah menggunakan istilah viral atau menjaga diri dari orang-orang yang mengucapkan istilah tersebut. Pasalnya tak semua istilah viral yang berseliweran memiliki makna yang baik.

Salah satu istilah viral yang kerap berseliweran yakni wibu. Apa sebenarnya arti kata wibu? Untuk lebih memahami makna dari wibu, kamu bisa menyimak penjelasan yang ada di lotteria.id di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Arti Wibu Sebenarnya

Arti Wibu ternyata berasal dari bahasa Jepang yakni Weaaboo atau Weeaboo. Awalnya kata tersebut muncul dalam komik strip koran dengan judul ‘The Perry Bible Fellowship’ dari Nicholas Gurewitch.

Namun ternyata wibu tidak memiliki makna khusus kepada seseorang tertentu, dilansir dari situs pbfcomics.com. Kata weeaboo biasa digunakan sebagai kata pengganti dari kata wapanese, yang mendapatkan image buruk di beberapa forum online pecinta budaya Jepang.

Wapanese berasal dari kalimat ‘Wannabe Japanese’ atau juga white Japanese. Kalimat ini merujuk kepada seseorang yang kerap mengklaim dirinya sangat tahu soal Jepang. Padahal bukan merupakan orang asli Jepang.

Arti wibu sendiri merujuk kepada seseorang yang sangat menyukai atau fanatik kepada hal-hal yang berbau Jepang atau budaya Jepang.

Contohnya anime, idol, lagu-lagu, dan lainnya yang berbau atau berasal dari Jepang, anak wibu pasti akan menyukainya.

Wibu merujuk kepada orang-orang yang buakn asli Jepang, akan tetapi sangat terobsesi dengan kebudayaan Jepang. Bahkan tak sedikit yang menganggap dirinya lebih memahami budaya Jepang, dari masyarakat Jepang sendiri.

Saat ini, warganet kerap menggunakan kata wibu di media sosialnya. Sayangnya, kata wibu saat ini justru mengarah ke hal yang kurang baik atau negatif. Sebab, kata wibu ini digunakan untuk mengolok-olok warganet kepada orang lain.

Perbedaan Arti Wibu dengan Otaku dan Anime Lover

Sebutan bagi pecinta budaya Jepang ternyata bukan hanya Wibu. Ada kata lover, otaku, dan anime. Lantas apa perbedaan Arti Wibu dengan sebutan lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Wibu

Arti Wibu adalah sebutan untuk orang-orang yang sangat mencintai budaya Jepang dari budaya lokalnya sendiri. Wibu selalu mengklaim dirinya selalu up to date dengan budaya pop Jepang, terobsesi dengan manga dan anime.

Dan menggunakan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari, meski belum fasih berbahasa Jepang.

2. Otaku

Otaku merupakan istilah bahasa Jepang untuk masyarakat yang sangat senang menekuni suatu hobi. Seorang otaku akan totalitas menekuni hobinya, hingga rela mengeluarkan biaya lebih agar bisa memenuhi hobinya.

Sebutan otaku ini mulai menyebar ke luar negara Jepang. Kini otaku merujuk kepada orang yang gemar dengan produk Jepang yakni game, anime, dan manga.

3. Anime Lover

Anime lover ini ditujukan kepada orang-orang yang menyukai serial kartun Jepang. Pecinta Anime lover ini juga rela mengeluarkan biaya yang fantastis, untuk membeli produk pernak-pernik yang berkaitan dengan anime yang disukai.

Ciri-ciri Anak Wibu Indonesia Yang Gaul

Berikut ciri-ciri anak wibu yang mudah untuk diketahui:

1. Anak wibu biasanya menganggap budaya Jepang lebih baik dari budaya manapun, bahkan dari budaya negaranya sendiri.

2. Anak wibu sangat menggemari budaya Pop Jepang seperti manga, cosplay, hingga anime. Namun sejumlah wibu dianggap terlalu berlebihan mencintai kebudayaan Jepang.

3. Anak wibu biasanya akan mempelajari bahasa Jepang. Meski belum fasih berbahasa Jepang, para wibu kerap memasukkan kata-kata Jepang saat berbicara.

4. Sering menghayal menjadi salah satu ciri-ciri wibu selanjutnya. Mereka kerap menghayal yang masih berkaitan dengan budaya Jepang, contohnya manga dan anime.

Tak jarang jika khayalan para wibu ini di luar nalar manusia dan Arti Wibu ini harus diwaspadai.

LihatTutupKomentar